Berjejaring untuk meningkatkan kapasitas diri dan menjaring koneksi

Ikut event bukan hanya untuk berburu Goodie Bag ataupun makanan gratis. Event lebih dari itu, walaupun mungkin kita sebagai target market penyelenggara event. Tidak masalah.

Beberapa hari yang lalu berkesempatan mengikuti technical sharing dari Google terkait beberapa produk dan layanan cloudnya. Sebenarnya hal yang disampaikan bukan hal yang baru sekali, karena memang sudah beberapa kali mencoba layanannya.

Beberapa hal yang kita bisa serap ketika menghadiri acara apapun adalah
1. Menyerap materi yang disampaikan
Inti dari suatu acara ya dari materi yang disampaikan oleh pembicara. Jika kita sudah menguasai materi tersebut, anggap sebagai bentuk refresh dan mendapatkan opini dari sisi lain. Jika kita belum menguasai, bisa menambah pengetahuan kita

2. Mempelajari teknik komunikasi dan presentasi
Dengan melihat orang lain presentasi, kita jadi bisa belajar beberapa hal:
– Bagaimana membuat konten presentasi
– Bagaimana cara menyampaikan materi
– Bagaimana cara komunikasi presenter dan audience

Terlepas dari kualitas presenter maupun presentasinya, kita bisa menjadikannya sebagai benchmark. Untuk memperbaiki jika kita ada di posisi tersebut

3. Menjalin relasi
Ketika bertemu dengan orang lain, kita bisa berdiskusi, bertukar pikiran, maupun menyerap ilmu dan pengalaman yang mungkin kita tidak ketahui sebelumnya.

Menjadi pendengar yang baik adalah kunci menjalin relasi dan mendapatkan ilmu dari orang lain. Ketika orang didengar omongannya, orang akan merasa dihargai, dan akan terus membagikan ilmu/pengalamannya.

Anggaplah seperti sebuah podcast, kita sebagai hostnya, banyak menggali konten dari tamu. Kalau hostnya lebih banyak berbicara, bahkan menyela pembicaraan tamu, akan kontraproduktif dengan tujuan mengeluarkan ilmu dan pengalaman dari pembicara.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top