5 Komitmen Akuntabilitas Kerja

Banyak orang bekerja dengan metode mengalir, apa yang harus dikerjakan saat itu, ya dikerjakan saja. Ketika ada evaluasi periodik, akan sulit menjawab : Bulan lalu, apa yang sudah kamu kerjakan dan apa capaianmu?

Ya, untuk bisa akuntabel, ada beberapa Komitmen yang harus dilakukan.
1. Mencatat Penugasan
Kita harus mencatat apa saja penugasan yang tanggungjawabnya diberikan kepada kita. Di satu sisi, mencatat ini berfungsi agar kita tidak melupakan penugasan, disisi lain akan membuat kita memiliki catatan apa yang telah kita kerjakan.

2. Mendokumentasikan Pekerjaan
Dokumentasi bisa berupa tulisan, foto, video, maupun bukti yang lain. Selain untuk arsip, dokumentasi pekerjaan bisa diartikan sebagai proses dan progress kita melaksanakan pekerjaan

3. Mendiskusikan Kendala/Meminta feedback
Dalam pelaksanaan pekerjaan, tentunya ada dinamika yang didapatkan. Dinamika bisa berupa kendala, masalah, maupun ada hal yang perlu di konsultasikan. Selalu jalin komunikasi denga rekan sejawat, tim, maupun leader agar hasil pekerjaan bisa maksimal. Pekerjaan yang diselesaikan dengan ada fase feedback/masukan sebelum selesai, terbukti meningkatkan kualitas output dan mengurangi potensi revisi setelah pekerjaan selesai.

4. Melakukan Improvement
Melaksanakan pekerjaan sesuai dengan panduan dan instruksi, itu sudah suatu keharusan. Tapi sebagai insan yang memiliki semagat #OptimasiKerja, kita sebaiknya melihat lagi, apakah perlu adanya improvement terhadap pekerjan yang kita lakukan. Jika kita melakukan improvement, pastikan itu mengarah ke hal yang lebih baik, dan lebih tepat lagi jika improvementnya juga di komunikasikan terlebih dahulu

5. Melaporkan Hasil kerja
Laporan hasil kerja harusnya diberikan tanpa harus diminta. Ketika laporan sudah disampaikan lebih dahulu, maka ada image positif dibandingkan dengan harus diminta melaporkan baru kita mengirim atau bahkan baru akan membuatnya.

Untuk dapat secara sistematis melaksanakan 5 komitmen ini, ada banyak tools yang bisa dipakai. Saya sendiri memakai 2 tools: ActiveCollab untuk manajemen task dan Todoist untuk personal checklist

Laporan bukan hanya untuk sekedar ABS (Asal Bos Senang), tapi juga langkah kita untuk kontrol kualitas pekerjaan dan tanggung jawab.

https://www.linkedin.com/posts/soegi_optimasikerja-akuntabilitas-manajemen-activity-6998560481263181824-1lJx

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top