Switch Career itu tidak mudah, kamu harus kuat

Sebagaian orang menganggap switch career atau berbelok arah karir dari background merupakan hal biasa, tapi sebenarnya tidak sesederhana itu. Tidak serta merta kamu ikut bootcamp selama beberapa minggu akan dianggap kompeten dalam suatu posisi.

Beberapa hal yang menjadikan pertimbangan:

1. Kalau kamu masih Fresh Graduate, jalur switch career yang terbaik adalah posisi Management Trainee.

Posisi ini biasanya lebih longgar persyaratan background pendidikannya.

Fresh graduate langsung switch career yang tidak linier dengan pendidikan, harus banyak berstrategi dan lebih bersabar. Karena kamu dianggap tidak memiliki background yang kuat di sisi basic ilmu. Walaupun bisa di karbit dalam beberapa pekan bootcamp, itu tidak cukup untuk menanamkan basic yang kuat. Bootcamp fokus ke ilmu practical, biasanya basicnya hanya sekilas. Cari mentor yang tepat, yang dapat mengarahkan kamu untuk lebih efektif mencapai career goal.

2. Manfaatkan batu loncatan

Benar kata pepatah, Jika tidak mampu berjalan langsung, kamu bisa mengambil jalan memutar. Sama – sama sampai, tapi memang lebih jauh-lebih lama-lebih lelah. Tapi itu semua harus dilakukan kalau memang kita tidak mampu melalui jalan langsung.

Sebagian orang tidak sabar dalam berproses, padahal proses itu sendiri sebuah pembelajaran. Banyak orang yang kuat dan tahan banting karena memang melalui proses yang tidak mudah. Melalui proses ini akan mendewasakan dan memberikan banyak pembelajaran yang tidak bisa diambil dalam pendidikan formal.

3. Selalu ingat pada tujuan

Ketika mengambil jalur yang tidak biasa, lebih memutar atau dengan batu loncatan, selalu ingat career goal yang kita sudah tetapkan. Buat batasan kapan harus bertahan, kapan sudah merasa cukup dan kapan membuat keputusan. Kesalahan timing pada pengambilan keputusan, bisa membuat proses yang kita jalani menjadi gagal.

Ketika kita menggoreng, membesarkan api tidak selalu dapat mempercepat makanan matanga, bisa jadi malah gosong, atau terlihat matang di luar tapi mentah didalam.

4. Perkuat personal branding

Sebelum switch career kita bisa mempersiapkan diri dengan personal branding yang sesuai dengan career goal kita. Kita bisa menunjukkan kemampuan kita pada bidang yang kita tuju. Berjejaring dengan orang orang yang kompeten di bidangnya juga menjadi salah satu hal yang penting untuk akselerasi mencapai career goal.

#OptimasiKerja
#OptimasiBisnis
#manajemen

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top