Muncul banyak “YES” man di Linkedin, Kamu termasuk salah satunya?

Beberapa waktu kebelakang ini sering bermunculan di timeline, postingan yang hanya beberapa baris saja, tapi peminatnya banyak. Secara umum kontennya hanya begini “
—— TOP URGENT High Salary
—— Please hit like or comment so that I can review your profile.
—— Just Comment “YES”

Karena menggiurkan (High Salary) dan syaratnya mudah (hanya like/comment) maka banyak yang terjebak dan mengikutinya.

Sebenarnya mungkin tidak ada ruginya, karena pengiklan juga tidak meminta uang ataupun apapun yang bisa merugikan peminat.

Tapi sesungguhnya kerugiannya adalah Reputasi. Mengapa demikian?

Karena dengan ikut berpartisipasi comment “YES”, maka anda sudah menjadi YES man. Tidak melakukan verifikasi profile pengiklan, apa yang sering dia post di linkedin, sebenarnya apa pekerjaan yang ditawarkan, pekerjaannya ada dimana, bagaimana reputasi pemberi kerjanya, dan banyak pertanyaan lain yang sebenarnya perlu kita cari jawabannya sebelum bilang “YES”.

Sadar atau tidak, perilaku seperti ini menjadi cerminan kita dalam bekerja. Mirip dengan pola ABS (Asal Bos Senang). Kalau semua hal yang selalu dibilang “YES” tanpa pikir panjang, maka banyak dampaknya:
1. Mungkin kita akan kesulitan mengerjakannya, perlu bantuan, dll. Padahal sudah terlanjur bilang YES tanpa verifikasi
2. Mungkin saja itu bukan tupoksi kita, tapi bagian dari pekerjaan orang lain
3. Dengan bilang “YES” tanpa berpikir, ekspektasi terhadap hasil kerja akan tinggi, kalau sampai gagal atau kurang baik, akan mengecewakan.

Itu pengamatan singkat saya dari timeline beranda yang kadang muncul.

Biar tidak menjadi YES man, selalu pahami dulu apa yang akan kita respon, cari data sebanyak-banyaknya biar relevan dengan keputusan kita, jangan malu untuk bertanya kalau memang kita tidak tahu atau ragu terhadap suatu hal.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top