Cover Lettermu tidak dibaca HRD

Semakin kamu mengikuti tips-tips dari HRD, semakin rendah peluang cover letter menarik HRD, semakin sama peluang kamu dengan kandidat lainnya.

Kenapa hal ini bisa terjadi? berikut beberapa alasannya

1. Cover letter fungsinya untuk menarik perhatian HRD
Setiap hari HRD melakukan review puluhan bahkan ratusan berkas lamaran kerja, tentunya sudah terbentuk dalam pikiran HRD bagaimana sih cover letter secara umum.

Jadi kalo bentuk, kata, templatenya mirip dengan orang pada umumnya, ya tidak akan outstanding dan menarik perhatian. Jangan dibayangkan coverletter itu akan dibaca dari atas sampe kebawah.

Untuk cover letter “generic”, hanya butuh waktu kurang dari 3 detik, karena sudah template dan hanya memeriksa bahwa benar melamar ke perusahaan ini.

2. Template Cover letter berbicara tentang diri pelamar (narsis)
Belum menemukan template cover letter yang berbicara tentang apa sih added value yang akan kandidat tawarkan ke perusahaan berdasarkan posisi yang dilamar dan riset terhadap perusahaan yang dituju

Kalau Cover Letter diibaratkan Iklan Sabun cuci piring. Lebih menarik mana bagi pembeli antara:
Iklan Produk A
Bicara tentang kemasannya bagus, warnanya eyecatching

Iklan Produk B
Pemakaian irit, lembut ditangan, efektif menghilangkan lemak

Kembali ke prinsip, Orang di rekrut untuk membantu perusahaan menjalankan roda organisasi dan memberikan nilai tambah ke perusahaan, jadi DAMPAK nya yang akan lebih di lirik

Jadi bagaimana dong solusinya?

Pakai framework Copywriting AIDA
AIDA merupakan singkatan dari Attention, Interest, Desire dan Action.
1. Attention (Perhatian) –> Menarik perhatian
2. Interest (Ketertarikan) –>Setelah perhatian sudah berhasil didapatkan, buat HRD tertarik membaca Cover Lettermu
3. Desire (Keinginan) –> Sampaikan manfaat/keuntungan/added value ketika kamu di rekrut. Manfaat bukanlah Skill. Fokus ke apa yang akan kamu berikan, bukan apa yang kamu bisa
4. Action (Tindakan) –> Tahap terakhir ini mengajak target (HRD) untuk memproses lamaran kerjanya dengan Prioritas (didahulukan) dibanding yang lain, karena saking excitednya.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top